Solusi Burung Cendet Mogok Bunyi | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Solusi Burung Cendet Mogok Bunyi

Solusi Burung Cendet Mogok Bunyi

April 27th, 2015 0 Comments

Sifat manja bawaan dari bayi burung cendet akan bisa muncul kembali pada burung cendet di usia dewasa. Munculnya kembali sifat manja pada cendet di usia dewasa ini akan bisa membuat burung cendet macet bunyi bahkan bisa macet tarung ( tidak mau tarung).

Versi ; Pemilik burung kacer Madonna.

Selamat datang di www.belajar-usaha.com

Secara umum dari masing-masing jenis burung baik itu burung kacer burung cendet ,burung murai batu,burung cucak ijo burung pleci dll akan bisa muncul sifat baru yang di sebabkan oleh lingkungan yang baru. Sekcil apapun sifat baru ini  akan bisa mempengarui tehadap karakter burung,Sehingga  karakter menjadi berubah yang dulunya rajin bunyi bisa menjadi tidak rajin bunyi yang dulunya petarung  menjadi tidak mau tarung dll.

Sebagai penghoby memang di tuntuk untuk peka dan jeli terhadap burung jaguannya. Sehingga sifat dari masing-masing burung yang baru muncul kita akan tau …Sebab bila mana terjadi perubahan karakter yang di sebabkan dari nunculnya sifat baru yang tidak sesuai dengan yang kita  inginkan. Kemudian kita akan segera menanggulanginya sehinga  sifat yang baru muncul tersebut tidak memjadi karakter yang permanen pada burung tersebut .

Penyebab Burung Cendet Mogok Bunyi

Burung cendet mempunyai sifat peka terhadap kedatangan orang-orang baru dan orang-orang baru tersebut akan bisa mempengariuhi sifat burung .

Hal-hal yang bisa mempengaruhi sifat burung diantaranya.

1-Kedatangan orang baru .

2-Lingkungan baru tempat pelatian dan arena lomba

Ad -Kedatangan orang baru.

Dengan kedatangan orang baru burung candet akan merespon dengan harapan untuk di perhatikan di tandai dengan menunjukan karakter permanen yang muncul dari banyi /anakan minta untuk di suapi karena lapar.

Karakter manja dari banyi (anakan) yang di miliki burung cendet ini akan bisa muncul setiap saat dan tidak mengenal usia.

Misalnya;

Dengan kedatangan orang baru,kemudian burung tersebut merespon dengan menunjukan beberapa artaksi /berkicau dll,dengan harapan untuk di perhatikan.

Bila orang baru tersebut tertarik yang kemudian merespon mendekat untuk menggoda dengan mengangkat melambaikan tangan ikut bersiul dan sebagainya ,maka burung akan beratraksi yang semakin gila.

Bila hal di atas terjadi terus menerus apalagi burung dalam keadaan lapar. Maka akan muncul karakter permanen dari banyi  manja minta untuk di suapi yang di tandai dengan menjulurkan leber sambil membuka paruh dan sayap dan mengembungkan badannya.

Hal-hal di atas akan membuat burung cendek macet bunyi.Maka cara-cara di atas harus di hindari.

Lebih jelasnya…..!

Burung cendet ….mulai dari bayi maunya selalu di perhatikan oleh induknya ataupun pada orang yang merawatnya,di sebabkan karena burung cendet tidak tahan lapar. Sifat seperti ini akan di bawa terus sampai cendet umur dewasa. Bila burung cendet dewasa selalu sering kita dekati apalagi burung cendet lagi lapat karakter bawaan manja dari bayi burung cendet akan muncul. Kalau terus menerus akan mengakibatkan burung cendet macet bunyi.

Antisipasinya…

Sebelum burung cendet menjadi macet bunyi…sebaiknya jangan sering-sering di dekati dan jangan di goda.

Ad 2-lingkungan baru tempat pelatihan dan arena lomba.

Tempat pelatihan dan arena lomba ini kita manpaatkan untuk umpan balik karakter burung tersebut ,yaitu; sekalian ikut lomba burung kita goda  biar berkicau se puas-puasnya.

Mungkin pembaca sudah paham dengan apa yang saya maksud…! ya…tempat untuk menggoda burung cendet hanya di arena lomba bukan di tempat lain.

Solusi Burung Cendet Mogok  Bunyi.

1-Jauhkan dari lingkungan orang (sendirikan)

2-Jangan sering-sering di goda.

3-Jangan sampai kurang jemur.

4-Mandi secukupnya.

5-Jangan membiasakan memberi makan langsung melalui dua jari.atau (ambil tempat makan dari dalam sangkar setelah terisi masukan kembali ke dalam sangkar.)

6-Usahakan jangan sampai kehabisan makanan kususnya makanan hewani  (jangkrik) atau lebih jelasnya setiap hari harus full makanan hewani (jangkrik,kroto,ulat kandang  dll) Sebab burung cendet adalah termasuk jenis burung pemakan serangga.

Setelah burung kembali normal ukuran/forsi makanan hewani  bisa kembalikan seperti semula.(tidak harus full setiap hari).

Ingat….

Full makanan hewani setiap hari hanya di peruntukan pada burung cendek yang lagi macet bunyi…

Alasannya;

Burung Cendet mempunyai sifat manja yang di sebabkan karena burung cendet tidak tahan lapar,dengan persediaan makanan yang lebil burung cendet akan jauh dari sifat manja.

Dan…..cara ini sudah saya uji untuk kebenarannya.

Penulis paling suka membeli burung cendet yang lagi macet …di samping harganya jauh lebih murah perawatannya pun sangat mudah yaitu (di sendirikan… mandi jemur cukup… ,dan setiap hari full makanan hewani…) dan juga tidak memerlukan waktu yang panjang ,yaitu tidak lebih dari 2 bulan burung sudah kembali normal dan siap untuk lombakan lagi.

 

Sampai di sini semoga ada manfaatnya.

Jumpa lagi di postingan yang akan datang

Hanya ada

Di

www.belajar-usaha.com

 hp 0821 39 248 707

 

 

-

 

 


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Solusi Burung Cendet Mogok Bunyi”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker