Penyebab Suara Burung Serak | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Penyebab Suara Burung Serak

Penyebab Suara Burung Serak

September 10th, 2016 0 Comments

Ada banyak  jenis burung  saat lagi berkicau di rumah suaranya berubah dari biasanya menjadi serak, bahkan saat di lombakan suara serak tersebut menjadi tersendat-sendat habis hingga praktis tidak terdengar.

Versi pemilik burung kacer Madonna

Selamat datang di www.belajar-usaha.com

Ada istilah “Bersih Pangkal Sehat” diantaranya kebersihan itu sangatlah penting bagi kehidupan, baik itu manusia ataupun hewan.

Kunci keberhasilan merawat burung itu satu diantaranya adalah kebersihan, kebersihan yang di maksud adalah kebersihat tempat atau kandang dan kebersiahan sajian menu makan.

Sajian menu makan burung  bersih

Memberikan sajian menu makan burung sebaiknya menu tersebut sudah dalam kondisi bersih, baik itu makanan jenis ulat, jangkrik ataupun yang lain, sehingga burung tersebut menjadi burung yang sehat.

Sajian menu makan burung kotor

Memberi makanan burung dengan menu ulat, jangkrik atau yang lain dalam kondisi kotor, akan membuat burung tersebut kurang sehat, sehingga mengakibatkan suara burung tersebut menjadi serak tersendat-sendat hingga praktis tak tidak keluar suara.

Gambar

Murai batu jawara (umur 2,5 tahun) milik penulis

Burung ini selalu saya pergunakan untuk menguji pakan, saya rawat mulai dari umur 3 bulan, lahir bulan maret 2014 saat ini umurnya 2,5 tahun, sudah punya gelar juara.

Cerita pengalaman

Sering kali kami megalami kebingungan dalam suara burung yang tiba-tiba berubah menjadi serak, sehingga suara tersebut terdengar tersendat-sendat hingga hanya terlihat pergerakan paruh dan leler namun  prakitis tak bersuara .

Sering laki kami melihat burung saat di adu/di lombakan di tengah jalan hanya membuka paruh saja tapi tak terdengar suaranya.

Sering kali kami melihat burung saat di adu/di lombakan terlihat sangat berat untuk mengeluarkan suaranya.

Sering kali kami mengalami kecemasan, dimana  burung murai batu kesayangan saya sering sekali mengali hal seperti di atas, yaitu tiba-tiba suaranya jadi serak, tersendat-sendat kemudian partis tak mengeluarkan suara.

Experiment

Berkali-kali kami merubah porsi makan, berkali-kali mengganti menu makan demi untuk mengetahui penyebabnya, hari demi hari selalu saya pergunakan untuk menguji pakan, yaitu dengan saya coba  5 hari kroto, 5 hari berikutnya jangkrik, dan lima hari berikutnya lagi ulat, dll, di sinilah sepertinya jawabannya mulai terlihat, dugaan pertama yang menjadi penyebab adalah makanan jenis ulat kandang ataupun ulat hongkong.

Experiment berikutnya

Dalam benak pikiran saya, Apa sebabnya burung murai batu ini setelah makan ulat dengan porsi tertentu suaranya jadi berubah, serak dan cenderung berat.

Jawabnya adalah makanan burung jenis ulat adalah jenis makanan yang sangat rawan kotor, hal ini bisa di lihat saat burung murai batu di beri makan ulat, cara makannya sesekali ulat itu di patuk kemudian di kibas-kibaskan terkesan bembersihkan kotoran yang berada di tubuh ulat, kemudian baru di telan.

Hari berikutnya ulat-ulat itu saat akan kami berikan pada burung debu kotoran ulat yang melekat di badan ulat itu selalu saya bersihkan, hasilnya ternyanta benar suara burung tidak jadi serak, dan saat di lombakanpun tidak pernah berhenti di tengah jalan.

Jadi Kesimpulannya

Semua makanan burung yang kotor akan menyebabkan suara burung menjadi serak.

Antisipasi agar suara burung tidak serak

* Minuman harus dalam kondisi bersih,air mineral akan lebih baik.

* Voer tidak kena air.

* Kroto yang masih segar.

* Jangkrik yang bersih kaki sayap kepala di buang, bila kepala tidak di buang usahakan mulut jangkrik sudah terbelah.

*Ulat kandang dan ulat hongkong, jenis makanan ini adalah rawan kotor, sebab cara hidupnya selalu bergulant dengan kotorannya sendiri.

Jadi kotoran ulat yang melekat di tubuh ulat inilah yang menjadi penyebab suara burung menjadi serak.

Pakan Burung Ulat Kandang Bersih

Sesuai dengan apa yang pernah saya coba,Pakan burung ulat kandang  bersih adalah sangat baik untuk semua jenis burung, Burung murai batu pun suaranya tidak memjadi serak dan juga bisa juara.

Untuk menuju ulat bersih tunggu di postingan kami yang akan datang dengan judul “ Cara Bersihkan Ulat Kandang”

Sampai di sini semoga ada manfaatnya

Jumpa lagi di potingan yang akan datang

Hanya ada

Di

www.belajar-usaha.com

 

 

 


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Penyebab Suara Burung Serak”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker