Merawat Burung Saat Tumbuh Bulu Baru | Belajar-Usaha.com

Merawat Burung Saat Tumbuh Bulu Baru

October 1st, 2012 0 Comments

Istilah Atau sebutan Burung yang lagi rontok bulu yang selanjutnya di teruskan dengan tumbuh nya bulu baru di sebut ; Bogor,Ngurak,Mabung,dll

 

Versi pemilik burung kacer Madonna

 

Selamat Datang Di www.belajar-usaha.com

 

Postingan yang saya tulis ini merupakan postingan sambungan dari postingan yang pernah saya tulis yaitu;Cara Merwat Burung saat Rontok Bulu.

 

Bogor,Ngurak,Mabung,walaupun satu rangkaian,cara perwatannya kita bagi menjadi 2 cara,dengan harapan agar mudah untuk di pahami,

 

Satu kali rangkaian bogor ini terdiri dari mulainya rontok bulu,yang kemudian di teruskan dengan bumbuhnya bulu-bulu baru.

 

Dua hal tersebut cara merawatnya berbeda.

 

 Misalnya;

 

Saat burung lagi rontok bulu tidak boleh di mandikan dan tidak boleh di jemur. Tetapi,saat burung tersebut mulai tumbuh bulu-bulu baru harus di mandikan dengan cara menyemprotkan air pada bulu yang baru tumbuh.

 

Cara merawat burung saat tumbuh bulu baru lebih sulit dan lebih beresiko di banding dengan merawat burung saat rontok bulu.

 

Pengertiannya;

Setelah bulu-bulu tersebut lepas dari pori-pori bulu,Maka akan di teruskan dengan tumbuhnya bulu-bulu baru,

 

Tumbuhnya bulu-bulu baru ini, di awali dari munculnya kuncup-kuncup jarum (rebung) yang kemudian muncul bulu-bulu muda yang mempunyai sifat lemah dan mudah patah.Sekali kuncup-kuncup jarum ini terjadi patah bulu-bulu baru tersebut tidak akan bisa tumbuh dengan semporna,

 

Apalagi yang yang putus rebung jarum yang berada di bagian Sayap dan Ekor ,bulu ekor akan terlihat bogang atau bulu ekor tidak lengkap walaupun bisa tumbuh lagi bulu tersebur terlihat tidak sama dan mudah rusak.

 

Patahnya jamum-jarum rebung ini, bisa di akibatkan karena si perawat burung terlalu ceroboh, sehingga mengakibatkan burung ngrabyak menabrak jeruji sangkar,biasanya burung tersebut akan mengalami sakit dan stres berat. pertumbuan bulu terhambat dan hasilnya kurang semporna.dan pemilik burung akan mengalami kekecewaan yang berkepanjangan karena bulu burung hasilnya di lihat kurang cantik.

 

 

CARA MERWAT BURUNG SAAT TUMBUH BULU BARU

 

Dalam perwatan rontok bulu kita amati kira-kira sudah mencapai 70% dan tumbuhnya bulu baru mencapai 25% dari 75% .Maka cara perwatan mulai kita robah

 

-Yang tadinya di krodong memjadi tidak di krodong ,

 

-Yang kemarin tidak di mandikan sekarang mulai di mandikan dengan cara di semprot,dengan air.

 

-Yang kemarin tidak kena sinar mata hari sekarang sedikit kena sinar mata hari.

-yang kemarin di taruh di sudut ruangan yang sepi sekarang di taruh di luar rumah.

-Jadi caranya taruhlah burung tersebut di luar rumah,di tempat yang teduh yang sedikit kena sinar mata hari.pada siang hari.

 

-Jangan di krodong baik di siang hari ataupun di malam hari.

 

-Mandikan dengan cara di semprot  tipis-tipis dengan air 3x se hari.

-jangan memandikan burung di karamba di saat burung lagi proses tumbuh bulu baru,di kawatirkan burung akan mandi secara berlebihan.

Sebab; Batang bulu belum mampu mengankat beban berat termasuk bulu yang terlalu basah.

 

-Jangan di pindah baik di siang hari ataupun di malam hari sampai benar-benar bulu tersebut kuwat.kurang lebih 2 minggu.

-Makanan dan minuman tetap seperti biasa.

-Udara yang bercampur dengan embun malam akan membantu tumbuhnya bulu-bulu baru,sehingga bulu burung tumbuh dengan semporna.

 

Alasan perama;

Burung saat mulainya tumbuh bulu baru yang di awali dengan munculnya kuncup jarum rebung yang kemudian muncul bulu-bulu muda,pertumbuhannya sangat membutuhkan Sinar matahari dan Air.

Air;Berguna untuk membersihkan lendir-lendir yang membantu saat munculnya bulu baru yang kemudian untuk penataan bulu itu sendiri.

Sinar matahari;Sangat penting untuk perbaikan bulu baru,dengan sinar matahari bulu burung akan tunbuh dengan kokoh dan kuat hasilnya bulu akan terlihat mengkilap dan cantik.

Sebaliknya; Tanpa sinar matahari bulu akan tumbuh layu dan lemah.(ibarat tanaman tumbuhnya nglawe bhs jw selalu muda).

 

Alasan ke dua;

Burung di taruh di luar rumah tanpa di krodong pada waktu malam hari,yang terkadang suhu sangat dingin dan lembab kerena udara bercampur dengan embun malam,maka bulu-bulu tersebut sangat penting untuk melindungi tubuh bagi burung itu sendiri.maka burung akan berupaya keras untuk memperbaiki bulu-bulunya.

Cara ini berlaku untuk semua jenis burung.

 

Cara ini telah di uji atas kebenarannya,bahkan burung yang bulunya rusak parah yang di sebabkan serangan kutu,ataupun burung yang bulunya rusak parah karena di patuk burung itu sendiri,seperti kebiasaan burung whamei.dan burung-burung yang lain.

Akan sembuh total dan bulu akan tumbuh dengan semporna.

 

Sampai di sini semoga ada manfaatnya.

Jumpa lagi di postingan yang akan datang

Hanya ada

Di

www.belajar-usaha.com

Hp 0821 39 248 707

 

Kata Kunci yang Masuk

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Merawat Burung Saat Tumbuh Bulu Baru”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Categories

eXTReMe Tracker