Merawat Burung Saat Rontok Bulu | Belajar-Usaha.com

Merawat Burung Saat Rontok Bulu

September 30th, 2012 1 Comment

Ganti bulu,Ngurak,Bogor pada semua jenis burung,kita bagi jadi 2 Rontok bulu  dan Tumbuh bulu baru.

versi pemilik burung kacer madonna

 

Selamat Datang Di www.belajar-usaha.com

 

Semua jenis burung pada umumnya dalam waktu 1 tahun 1x akan  mengalami ganti bulu,atau biasanya di sebut bogor,ngurak,mabung dll,baik itu bogor kecil ataupun bogor besar.di sebut bogor kecil di tandai dengan rontoknya sebagian dari bulu-bulu tua yang biasa di sebut sulam,sedangkan di maksud dengan bogor besar di tandai dengan rontoknya bulu burung baik bulu-bulu kecil ataupun bulu-bulu besar secara total.

Tanda-tanda burung akan terjadi bogor;

Saat akan terjadinya bogor,ngurak,mabung ini biasanya di tandai dengan adanya perobahan dari sifat/karakter yang berbeda dari biasanya,yang kemarin agresif menjadi semakin tidak agresif,yang kemarin gacor semakin tidak gacor,bahkan burung semakin tidak mau bunyi atau  hanya ngriwik-ngiwik saja,yang di sertai dengan jatuhnya beberapa bulu kecil,dll.

 

Bagi penghobi burung baik itu pemula ataupun yang sudah Senior proses  akan terjadinya bogor/ngurak ini harus tau bahkan wajib tau,

 

SEBAB

Sebaik dan se jaguan apapun burung saat akan dan saat mengalami bogor/rontok bulu,burung akan mengalami dwon/lemah… saat bulu itu lepas dan saat bulu itu mulai tumbuh baru dari  pori-pori bulu, burung merasa sangat kesakitan,

 

Maka burung tersebut harus di rawat dengan extra hati-hati.dan dirawat secara kusus,

Baik buruknya kwalitas burung setelah bogor.di tentukan dari cara  merawat burung di saat burung lagi bongor/ngurak/mabung.

 

Jadi di saat burung lagi ngurak/bogor/mabung kesempatan emas bagi penghoby untuk memperbaiki kwalitas burungnya.

 

            Merawat burung di saat Bogor/Ngurak /Mabung  kita bagi menjadi 2 bagian

1-Merawat burung di saat rontok bulu.

2-Merawat burung di saat tumbuh bulu baru.

 

CARA MERAWAT BURUNG SAAT RONTOK  BULU

 -Siapkan 1 tempat makan yang agak sedikit lebih besar dari bisanya agar kita

tidak sering-sering buka krodong,penuhi makanan voor dan makanan tambahan/extra fooding kesukaan sehari.-harinya.

Artinya

Jangan meberi makanan atau minuman yang bukan biasanya…Sebab akan menimbulkan masalah baru,tidak mudah burung beradaptasi dengan makanan dan minuman yang bukan biasanya,atau bahkan tubuh burung akan menjadi GEMUK,burung akan malas bunyi apalagi bertarung.

Fakta di lapangan;burung yang punya prestasi rata-rata burung bertubuh kurus.

-Siapkan 1 tempat minum yang bebih besar dari biasanya,agar supaya kita tidak sering-sering membuka krodong,penuhi air minum.

 

-Siapkan tempat untuk tempat makanan tambahan,taruh di dekat lerekan krodong,sehingga saat kita memberi makanan tambahan/fooding  tidak harus buka semua krodong.

 

-Taruhlah burung tersebut di sudut ruangan yang paling sepi dalam keadaan sangkar tertutup dengan krodong,

 

-Jangan membuka kerodong kecuali saat memberi makan atau minum saat itu pula sekalian mengawasi keadaan /kondisi burung.

 

-Jangan di mandikan.

 

- Jangan di jemur.

 

-Kotoran yang bercampur bulu jangan di bersihkan biarkan sampai menggunung,kotoran tersebut akan menambah suhu di dalam sangkar menjadi panas, suhu panas akan mempercepat proses rontok bulu.

 

-Upaya untuk mempercepat rontoknya bulu ini sangat penting,sebab rontoknya bulu-bulu tersebut akan di susul dengan tumbuhnya bulu-bulu baru,sedangkan cara merawatnya sangat berbeda dan bahkan kebalikan.

 

-Berikan makanan tambahan se tiap hari bisa kroto bisa jangkrik yang sudah di potong kaki,kepala dan sayapnya.

 

-Saat seperti ini sangat baik untuk me master dengan suara burung lain dengan harapan menambah variasi lagunya,burung tersebut.tetapi bagi burung kacer sangat tidak penting,

Sebab pada saat burung kacer di turunkan di lomba yang di utamakan lebih dulu adalah gaya petarungnya.di saat gaya petaungnya keluar burung kacer biasanya hanya mengeluarkan lagu-lagu yang bersifat monoton,walaupun sebenarnya burung tersebut mempunyai banyak varian lagu.

 

Saat burung kacer emosional dengan mengeluarkan gaya bertarungnya burung kacer akan kesulitan untuk mengeluarkan variasi lagunya.

 

            Agar pembaca tidak jenuh membacanya postingan akan kami lanjudkan akan datang yaitu;

 

Cara merawat Burung Saat Tumbuh bulu Baru.

            Sampai di sini semoga ada manfaanya jumpa lagi di postingan yang akan datang

 

Hanya ada

Di

www.belajar-usaha.com

Hp 0821 39 248 707

Kata Kunci yang Masuk

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

One Comment to “Merawat Burung Saat Rontok Bulu”

  1. Valerie says:

    Thanks bgt boz buat infonya menegnai prospek usaha 2012, bner bgt usaha ternak burung memang sangat menarik,bukan semata-mata untuk memenuhi materi,namun dengan beternak burung hobi kita dapat tersalurkan dan juga dapat menjaga kelestarian burung itu sendiri yang lambat laun mulai langka dan berakibat kepunahan,maka dari itu marilah kita melestarikan populasi burung dengan cara beternak di rumah, terlebih burung liar yang hidup alami di sekitar rumah jangan di ganggu kehidupan mereka, karena dengan adanya burung yang hidup di sekitar rumah secara alami dapat menciptakan nuansa lingkungan asri dan sebagai tolo ukur bahwa lingkungan tersebut belum tercemar oleh limbah industri.

Leave your comment here:

Categories

eXTReMe Tracker