Memperbaiki Burung Rusak. | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Memperbaiki Burung Rusak.

Memperbaiki Burung Rusak.

August 27th, 2014 0 Comments

Ada banyak burung yang dulunya jawara, kemudian berubah menjadi tidak jawara,Ada banyak orang membeli burung jawara dengan harga yang sangat mahal,setelah di rawat sendiri  berubah menjadi tidak jawara.Sebaliknya Orang yang punya pengalaman sukanya membeli burung mantan jawara (burung rusak) dengan harga yang relative murah ,dengan harapan setelah di rawat bisa kembali menjadi jawara lagai,lalu ….seperti apa burung itu bisa di perbaiki lagi.

Versi pemilik burung kacer Madonna.

Selamat Datang di www.belajar-usaha.com

Di dunia hoby burung ini rupanya memang sangat mengasikkan dan menyenangkan serta penuh dengan tantangan dan keberanian di banding dengan hoby–hoby yang lain. Di mana hoby yang satu ini adalah hoby yang ada kaitannya  dengan makhluk hidup.Maka untuk tercapainya suatu tujuan harus bisa menyesuaikan dengan keberadaan makhluk (burung ) itu sendiri.

Berbeda dengan hoby balap Motor ; untuk tercapainya suatu tujuan tergantung pada kita sendiri yang menentukan,

Misalnya ; Mau di potong atau di besarin pistonnya, atau di besarin lubang exhaut n inlet pd cylinder headnya, atau di besarin klepnya, pasang karbu PE 28 racing,pasang kampas  kopling racing,ganti gir akselerasi 37/14 untuk kekuatan depan (napas  pendek) dan 39/16  (napas panjang), atau ganti ban racing dengan ukuran 70/80-17 dll,(semua tergantung kita sendiri yang menentukan).

 

 

Merawat Burung Jawara.

Untuk menghindari sesuatu hal yang bisa menyebabkan kerugian atau rusaknya pada burung rawatannya…Maka sharing sesama  penghoby dan tidak segan-segan menanyakan tentang apa yang ia belum mengerti pada penghoby yang sudah punya banyak pengalaman,atau mungkin seorang pembimbing, guru sangatlah  di perlukan.

Sebab ; kalau  merawat burung  jawara yang  burung tersebut di dapat  atau di beli dari orang lain sedangkan cara merawatnya hanya mengandalkan pengalamannya sendiri  bisa mungkin yang di dapat adalah kegagalan,terkecuali kalau kita sudah punya banyak pengalaman.

Seperti misalnya; penghoby burung membeli burung jawara dengan harga yang sangat mahal yang tujuannya untuk di buat gaco di lapangan,

Sebaliknya penghoby burung yang sukanya membeli burung mantan jawara (burung rusak) dengan harga yang relative  murah,dengan tujuan untuk di perbaiki dengan harapan bisa menjadi burung jawara lagi dan bisa di jual dengan harga yang mahal.

Maka dua-duanya cara merawatnya di perlukan sebuah pengalaman, keahlian,ketelatenan, kesabaran,dan peka setiap ada perubahan dalan prilaku burung.

Serta dua-duanya mempunyai  tantangan serta resiko yang sama, Yaitu kalau berhasil ya untung….kalau tidak berhasil ya untung….(sama-sama menambah pengalaman…he…he…)

Misalnya;

Membeli burung jawara dengan harga mahal,setelah beberapa waktu di rawat di rumah,malah  burung tersebut tidak jadi jawara  atau (rusak).

Atau penghoby membeli burung mantan jawara dengan harapan setelah di rawat akan menjadi burung jawara lagi,tapi ternyata tidak berhasil dan burung tetap tidak tambah menjadi baik .

Dan itu semua menandakan cara merawatnya masih belum benar.

Sedangkan burung-burung yang dulunya jawara,lalu kemudian menjadi tidak jawara (rusak) itu semua di sebabkan karena dari hasil buah akibat.

Pertanyaanya;

1- Bagai mana cara merawat burung jawara ,agar tetap bisa mempertahankan jawaranya  sampai pada kurun waktu yang lama ( serta mempunyai umur panjang).

2- Bagai mana cara merawat burung yang rusak (bekas burung jawara) agar bisa menjadi burung jawara lagi.

3- Atau bisakah kalau misalnya dua-duanya di rawat dan kemudian menjadi jawara lagi.

Jawabnya;

Dua-duanya bisa….boz….

Alasannya;

Semua burung -burung yang pernah mejadi juara baik itu di dapat dari lomba tingkat lokal ataupun lomba di  tingkat nasional….menandakan bahwa burung-burung tersebut mempunyai karakter petarung.

Atau lebih jelasnya ;  Di balik burung-burung rosokan atau mantan jawara itu masih menyimpan karakter petarung….atau masih menyimpan mental jawara.

Dan….

Karakter petarung yang di miliki burung tersebut tidak penah hilang sepanjang cara merawatnya benar. ( inilah kunci keyakinan pertama yang harus kita pegang) dan kunci tersebut telah saya uji atas kebenarannya 90% berhasil.

##..Makanya jangan di lupain …sering-sering aja…berkunjung di sini …..di www.belajar-usaha.com…buaaaaanyak… ilmu dan pengalaman …siapa tau Anda-Anda semua bisa menemukan kuncinya di sini boz…..he…he….(maaf hanya gurau aja…lo…. tik di kirain  beneran….)##

Salah Beli…

Sedangkan yang bisa membuat tidak berhasil  kebanyakan di sebabkan  karena cara membelinya yang salah di Antaranya ;Pembeli selalu percaya pada penjual  yang selalu mengatakan burung tersebut pernah menjadi juara ,dan apa yang sebenarnya burung yang di jual tersebut ternyata belum pernah juara,

Artinya; Pembeli itu tidak tau persis atas kebenarannya…  burung tersebut pernah juara atau tidak hal-hal seperti inilah yang terkadang bisa membuat tidak berhasil.

Jadi pengertianya;

Burung-burung yang dulunya bagus dan pernah menjadi juara, yang kemudia rusak atau mbagong pada burung kacer dll. Semuanya masih bisa untuk di perbaiki (sepanjang burung tersebut dalam kondisi sehat).

Banyak Penyebab Burung yang dulunya Jawara,menjadi tidak Jawara.

Diantaranya.

* Perawatan yang kurang benar.

* Tidak peka terhadap setiap perubahan prilaku burung.

* Suasana lingkungan yang tidak mendukung.

* Tergesa-gesa (kurang sabar).

* Selalu membiasakan dengan memberi menu makan dengan forsi  kandungan tinggi .

* Memaksakan burung untuk bertarung dengan tidak mempertimbangkan kesehatannya dll.

Cara Memperbaiki  Burung yang Rusak ;

Langkah-langkahnya…

* Perawatan bisa di mulai dari awal…yaitu…menetralkan kondisi burung terlebih dulu dengan beberapa waktu yang panjang  tergantung tingkat kronisnya.

* Kemudian setelah burung tersebut benar-benar netral  atau dalam kondisi  standart  maka burung tersebut sudah bisa di mulai dengan perawatan baru ,yang di awali dengan cara mengatur pola makan dengan porsi rendah…..,kemudian selang beberapa waktu di naikan menjadi porsi sedang….dengan tidak mengurangi perawatan yang lain misalnya mandi dan jemur ,….saya kira sampai di sini Anda sudah bisa mengamati untuk melihat hasilnya.

* Untuk langkah selanjutnya Kalau Anda peka terhadap setiap perubahan prilaku burung ….pasti Anda sudah bisa menentukan sendiri untuk langkah-langkah berikutnya ,

Artinya perlukah burung tersebut porsi makannya di tingkatkan pada porsi tinggi ,atau bahkan harus di tingkatkan pada porsi maksimal…

Kalau dengan cara seperti ini tetap saja tidak berhasil ….,saya yakin …..apa yang Anda kerjakan itu masih ada kesalahan ,biasanya Anda terlalu tergesa-gesa atau kurang sabar,dan tidak peka setiap ada perubahan prilaku burung …..yang mana burung tersebut sebenarnya belum pada kondisi standart dan Anda tergesa-gesa memberi beberapa pola menu.(tergesa-gesa me seting dengan pola-pola burung Jawara).

##..Apa sebaiknya… saya buatkan artikel aja ya…dengan judul “Menstandartkan Burung” …he…he…trus siapa nanti yang baca…judulnya gak di kenal sama penghoby burung …. tidak ada istilah mestandartkan burung, mungkin hanya ada di sini saja….yang di sebabkan penulis belum menemukan bahasa yang tepat he..he.,.atau sedikit saya kasih  gambaran yang saya maksud standrt  yaitu bisa kami gambarkan pada  hoby balap motor seperti di atas ….  motor  sebelum di buat untuk balapan  keberadaan motor tersebut adalah standart, saat akan di buat untuk balapan di rubah dengan sedemikian rupa…jadi…yang  saya maksud setelah di rubah dengan sedemikian rupa itu….di kembalikan lagi ke standart…ya…selengkapnya nanti akan saya tulis di artikel yang akan datang##

Solusi..

Solusinya Anda harus mengulangi lagi yang di memulai dari perwatan awal menetralkan lagi dan seterusnya…..

Selamat mencoba semoga berhasil…..!

 

Sampai disini semoga ada manfaatnya .

Jumpa lagi di postingan yang akan datang.

Hanya ada

Di

www.belajar-usaha.com

 

 

 


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Memperbaiki Burung Rusak.”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker