Memilih Burung Murai Batu  | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Memilih Burung Murai Batu

Memilih Burung Murai Batu

October 5th, 2015 0 Comments

Simbol prestise Burung Murai batu berada di ukuran panjang pendeknya ekor. Untuk menentukan harga Burung Murai batu bisa di ukur dari  panjang pendeknya ekor. Sedangkan (ras/jenis) bisa dinomer duakan.Yok…. ngobrol-ngobrol soal Burung Murai batu biar dikit-dikit nambah pengalaman.

Versi:Pemilik Burung Kacer Madonna.

Selamat Datang di www.belajar-usaha.com

Bagi penghoby Burung, khususnya Penghoby Burung Murai batu, panjang dan pendeknya ekor dianggap sebagai simbol prestise. Memilki Burung Murai batu ekor panjang akan lebih bangga dari pada memiliki Burung Murai batu ekor pendek. Di samping itu Burung Murai batu ekor panjang mempunyai nilai harga tinggi di banding dengan Murai batu ekor pendek.

Panjang ekor Burung Murai batu yang ada saat ini dari berbagai ras panjangnya antara 8 cm sampai 30 cm lebih. Tapi di pasar-pasar saat ini ukuran panjang di atas 27 cm sudah jarang di jumpai.

Jenis Burung Murai batu yg ada di pasaran saat ini ada berbagai macam diantaranya  yaitu: Murai batu Borneo, Kalimantan, Lampung, Jambi Nias, Medan,Aceh dll. Untuk membedakannya bisa di lihat dari susunan ekornya.

Susunan ekor murai batu itu terdiri dari 2 pasang ekor utama dan 4 pasang ekor penyangga.

* Dua pasang ekor utama dari semua jenis murai batu mempunyai warna yang sama yaitu hitam, bedanya berada di panjang dan pendeknya saja.

* Sedangkan 4 pasang ekor penyangga sejak dulu yang ada  hanya dua yaitu warna putih polos dan warna putih bergaris hitam pekat….sudah (titik).

Kalau misalnya saat ini 4 pasang ekor penyangga menjadi bermacam-macam motif dengan garis hitam yang berbeda-beda, putih garis warna hitamnya kurang pekat atau garis hitamnya hanya berada di satu pasang ekor penyangga dll …..ya  penyebabnya bisa jadi  dari hasil silangan dari burung yang kurang jelas jenisnya…disini ini….biasanya orang akan menjadi kebingungan…

Apa lagi sekarang ini ada istilah balak balakan.

Misalnya; Bila 4 pasang ekor penyangga ada satu pasang ekor yang bergaris hitam di sebut balak dua,….dan bila dari 4 pasang ekor penyangga ada 2 pasang yang bergaris hitam di sebut balak 4 dan seterusnya…bisa jadi tambah bingung.

Lebih gampang milih burung murai batu Nias yaitu dua pasang ekor utama dan 4 pasang ekor penyangga. Semua warnanya hitam.

(-) Kok….sulit….buuuuanget …ya….

(+) Iya…ini masih ada lagi …kalau sudah sampai pada pelajaran asal muasal Burung Murai batu…bisa tambah bingung…he..he..Misalnya…  jenis Burung Murai batu ini berasal dari Daerah Kalimantan bagian a,b,c.d…Sumatra bagian..a.b.c…Nias Daerah bagian a.b.c.d dll….kalau kita ngurusi gitu-gituan yang gak begitu penting….bisa-bisa malah  nggak jadi beli Murai batu….beli kopi di warung aja enak…he…he..

La…trus ….

Bagaimana caranya memilih Burung Murai batu khususnya bagi mereka yang masih awam …seperti penulis yang juga masih awam ini…he…he…

Berbagi pengalaman aja ya……kan sama-sama awamnya….. kita cari cara yang gampang-gampang saja ….yang penting benar…aman…dan selamat..he..he…

Cara Milih Burung Murai batu bagi orang awam

1-Pilih aja Burung Murai batu yang punya panjang ekor minimal 19 cm untuk burung dewasa dan 16 cm untuk burung yang belum pernah ngurak/bogor.

2-Urutan ke dua ini bisa di buat sebagai sarana pendukung ….pilih aja 4 pasang bulu ekor penyangga berwarna putih yang punya motif garis warna  hitam pekat ….

Sudah….! dua aja saya kira sudah cukup…cukup aman….dan cukup selamat… selebihnya pembaca sendiri yang bisa mengira-ngira…he…he…

Alasannya…

* Burung Murai batu dengan panjang ekor minimal 19 cm adalah masuk dalam kategori yang harus di pilih (lolos dari Daerah abu-abu)

* Burung Murai batu dewasa dengan panjang ekor 16-17 cm adalah termasuk dalam kategori pilihan yang  membingungkan…Sebab panjang ekor 16-17 cm kebanyakan penjual mengatakan jenis Murai batu Medan  ….dan pembeli bisa mengatakan bukan jenis Murai batu Medan…dan apa yang sebenarnya …bisa iya ..  bisa juga bukan…..atau bisa di sebut Daerah abu-abu ( Daerah pilhan kurang aman).

Lebih jelasnya…..

Panjang ekor Burung Murai batu minimal 19 cm tidak akan di miliki oleh ras/jenis Burung Murai batu lain, kecuali  Burung Murai batu ras/jenis Medan,Nias dan Aceh….Sedangkan ras/jenis Burung Murai batu Medan,Nias,dan Aceh adalah ras/jenis Burung Murai batu yang paling di cari atau jenis Burung Murai batu yang punya nilai harga mahal.

Sama halnya memilih berdasarkan 4 pasang ekor penyangga.

Motif warna putih dengan garis hitam pekat ….yang berada di 4 pasang bulu ekor penyangga tidak akan di miliki oleh ras/jenis Murai batu lain kecuali Burung Murai batu Medan dan Aceh.

Motif warna putih dengan garis hitamnya tidak tajem hanya berbentuk garis-garis serta motif warna hitamnya  tidak jelas adalah pilihan yang membingungkan atau bisa di sebut Daerah abu-abu (Daerah pilihan jual beli kurang aman) ….sebaiknya cari yang aman saja.

Katanya…pada zaman dulu….

Ada beberapa penjual Burung Murai batu yang nakal.

* Ada yang menyambung ekor biar kelihatan panjang.

* Ada yang menyemir bulu ekor biar kelihatan ada motif warna hitamnya.

* Ada yang mencabut bulu ekornya sehingga sulit untuk di ketaui rasnya.

* Ada juga yang memasang Ring biar terkesan dari hasil tangkarannya.

* Ada juga yang memasangi ring yang ringnya di beli dari toko….dimana sebenarnya penangkarannya tidak ada dll.

Tapi….Di Zaman sekarang…..sudah beda lo…

Penjual Burung  Murai batu di Zaman sekarang….sudah tidak ada yang nakal …sudah pada  Insaf… sadar atas kekeliruannya dan bertekad untuk memperbaiki dirinya….he..he..Amiiin.

Setelah penulis menggunakan cara-cara seperti di atas…hasilnya…tidak pernah salah…aman …dan…selamat.

 

Sampai disini semoga ada manfaatnya

Jumpa lagi di postingan yang akan datang

Hanya ada

Di

www.belajar-usaha.com.

0821 39 248 707.

 

 

 


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Memilih Burung Murai Batu”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker