Memilih Burung Cendet | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Memilih Burung Cendet

Memilih Burung Cendet

June 5th, 2015 0 Comments

Memilih burung cendet pada usia muda, usia dewasa yang  sudah jadi ataupun  burung cendet yang sudah punya prestasi saya kira secara garis besar 3 (tiga) kriteria  sudah cukup,  lebih banyak juga boleh asal tidak  menambah bingung.

Versi ; Pemilik Burung Kacer Madonna.

Selamat Datang di www.belajar-usaha.com.

Awal mula lomba burung cencet di tahun 90an burung cendet yang di lombakan adalah burung cendet yang berasal dari daerah pulau jawa,setelah berjalan beberapa  tahun mungkin stok burung cendet di daerah pulau jawa sudah semakin berkurang sehingga sulit untuk mendapatkan burung cendet  yang berkwalitas baik (kurang banyak pilihan).

Maka pemburu burung cendet ini akan berpindah ke daerah lain yang masih banyak burung cendetnya misalnya di daerah madura dll,di daerah yang masih banyak burung cendet maka penghoby akan mudah untuk mencari burung cendet yang berkwalitas bagus dan harganyapun tidak terlalu mahal..yang akirnya burung-burung daerah tersebutlah yang akan mendominasi jawara-jawara  di arena lomba.

Tidak jauh beda dengan burung kacer

Di awal lomba burung tahun 90an burung kacer yang di lombakan adalah burung kacer dari jawa yang terkenal dengan warna hitamnya (burung kacer hitam) setelah lomba berjalan sekian puluh tahun burung kacer hitam dari jawa semakin habis dan tidak ada pilihan,maka para minia burung kacer ini akan berpindah ke daerah lain yang masih banyak burung kacer dan banyak pilihannya,di daerah sumarta dll.yang sekarang terkenal burung kacer Sumatra dengan sebutan ( kacer dada putih)

Dengan hal-hal di atas penghoby yang fanatik akan memilih burung dari daerah tertentuyang sesuai dengan yang di inginkan.

Sedangkan penghoby yang tidak  terlalu fanatik akan memilih burung  yang ramai di lomba atau di pasaran.

Selanjutnya terserah Anda………

 

Gambar;Burung cendet ukuran badan besar dan tegap.

Gambar; Burung cendet blangkon di kepala full dengan warna hitam.

Kembali ke Memilih Burung Cendet.

Tentang Cara memilih burung cendet saya kira sudah banyak di di jelaskan oleh para mania/pakar  burung cendet yang sudah punya banyak pengalaman….. maka  disini penulis  hanya  akan menjelaskan 3 kriteria saja yang mana 3 kriteria tersebut  yang selalu saya pergunakan untuk memilih burung cendet  usia muda usia dewasa atau bakkan cendet prestasi .

 

Ada 3 Kriteria Memilih Burung Cendet dan penjelasanya.

1-Pilih burung cendet yang mempunyai mental tarung.

Di tandai

a-Burung akan selalu merespon terhadap kedatangan orang baru artinya merespon balam bentuk menarung dalam keberanian di tandai dengan berkicau atau gerakan-gerakan keberanian.

b-Burung saat berada di tangkringan badan burung harus selalu berdiri tegak lurus mulai dari kepala hingga ekor bawah,pertanda burung tersebut punya karakter tarung.

2-Pilih burung cendet yang bulu di kepalanya  di penuhi warna hitam kelam dengan membentuk blangkon .

Di tandai

a-Blangkon  adalah kelengkapan pakaian adat budaya simbul kejayaan budaya bangsa di daerah tertentu,sedangkan blangkon pada burung cendet kira-kira adalah simbul atau tanda kesatriaan kejantanan keberanian pada burung cendet tersebut.he…he…

3-Pilih burung cendet yang berbadan besar.

Alasanny;

a-Burung cendet saat bertarung atau saat bertemu sesama jenis  akan selalu mengeluarkan gaya-gaya yang sangat agresif ,sedangkan gaya agresif yang di keluarkan pada burung cendet tersebut adalah gaya yang  tidak ada nilai seninya ,yaitu melompat kesana melompat kesini tidak beraturan atau bahkan saking agresifnya burung cendet tersebut gaya gerakannya sampai memutar balikan badan di atas tangkringan (salto) jadi gak enak di pandang mata atau bahkan akan mengurangi nilai penjurian.burung cendet yang sering juara biasanya yang tidak terlalu banyak gerak yang biasa di sebut nancep nagen.

Berbeda dengan agresifnya burung kacer atau burung murai batu setiap pergerakannya ada nilai seninya  yaitu melompat kesana melompat kesini dengan membuka ekor dan sayap sehingga enak di lihat dan menambah nilai saat di lombakan.

Jadi pengertiannya

Burung cendet yang terlalu agresif kebanyakan adalah  burung cendet yang punya bentuk atau ukuran tubuh kecil…dan terlalu lincah sehingga saat di lombakan sering mengeluarkan gerakan-gerakan salto di atas tangkringan sulit untuk di atur.

Sebaliknya

Burung cendet dengan ukuran basar sama-sama petarungnya tetapi kebanyakan burung cendet dengan ukuran besar tidak terlalu agresif atau tidak terlalu lincah sehingga saat di lombakan tidak terlalu banyak bergerak dan jauh dari gerakan salto dan burung cendet ukuran besar mudah untuk di atur.

 

Samapai di sini semoga ada manfaatnya

Jumpa lagi di potingan yang akan datang.

Hanya ada.

Di

www.belajar-usaha.com

hp 0521 39 248 707

 

 


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Memilih Burung Cendet”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker