Gamping | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Gamping

Gamping

April 21st, 2012 0 Comments

Gamping bahan bangunan yang paling tua.

Versi ; belajar-usaha.com

Selamat datang di www.belajar-usaha.com

Sebelum adanya gamping bangsa Indonesia ini untuk membangun rumah batu luluh atau perekatnya menggunakan dari bahan tanah liat.

Setelah bangsa Belanda datang di Indonesia untuk membangun rumahnya maka bangsa belanda ini membuat gamping yang akan di pergunakan untuk luluh atau bahan perekat bata atau batu yang akan di gunakan untuk membangun rumah atau bangunan yang lain. Bahan baku gamping tersebut terbuat dari bahan batu marmer.

Batu-batu marmer yang di ambil dari gunung tersebut oleh bangsa Belanda di kumpulkan menjadi satu setelah terkumpul dengan jumlak yang banyak.

Batu-batu marmer tersebut di bakar di dalam tempat pembakaran yang di sebut dengan jebong.

Jebong tersebut di lengkapi dengan tiga lubang dua lubang berada di bawah yang berada di sisi depan dan di sisi belakang gunanya untuk membakar  batu tersebut atau di sebut pawonan(bhs jawa). Lubang tersebut di pungsikan secara bergantian tiga hari tiga malam di bakar melalui lubang depanan. Tiga hari tiga malam berikutnya berpindah ke lubang bagian belakang.

Sebab pembakaran batu gamping ini memerlukan waktu anatara satu minggu. Sedangkan lubang atas gunanya untuk memasukan batu-batu tersebut ke dalam jebong.dan lubang bawah selain untuk membakar gamping juga di gunakan untuk membongkar gamping yang sudah matang.

ISI JEBONG

  Isi jebong ber vareasi ada yang isi 10 ton dan ada isi 30 ton untuk sekali dalam waktu pembakaran.Sedang kan bahan untuk membakar menggunakan kayu yang di ambil dari hutan-hutan terdekat.Lama pembakaran biasanya 7 hari 7 malam.

Setelah terbakar selama 7 hari dan 7malam maka semua lubang pembakar di tutup selama beberapa hari bisa 3 hari bisa 5 hari.

Selanjutnya lubang bawah atau lubang pembakar tadi di buka kembali yang akan di gunakan untuk membongkar gamping yang sudah matang yang kemudian di kerim ke bedak ataau ke penjual gamping.

Di jaman Belanda gamping-gamping tersebut selain di  gunakan untuk membangun rumah  juga di gunakan untuk membangun bangubnan yang lain.

Misalnya untuk membangun jembatan  membangun pabrik dll.

Bangsa Belanda menggunakannya biasanya dengan cara di kawur. Sedangkan basa Indonesia cara menggunakannya lebih dulu di cor dengan air di sebut dengan enjet (bhs jawa).

Gamping ini termasuk jenis bahan bangunan yang berusia tua sebelum bahan perekat lain seperti semen dll gamping sudah ada ter lebih dahulu.

KEKUATAN

Sedangkan kekuatannya cukup kuat terbukti dengan bangunan peninggalan jaman belanda. yaitu pabrik-pabrik pabrik gula ,jembata-jembatan atau jembatan rel kereta api yang sampai sekarang banyak yang masih utuh dan masih di fungsikan dan bangunan tersebut semuanya menggunakan bahan gamping.

 

Anda mau jual bahan bangunan

baca

Buku Panduan MEMBUKA TOKO Bangunan

Sampai di sini  mudah-mudahan ada manfaatnya

Jumpa lagi di postingan yang akan datang

Hanya ada di

www.belajar-usaha.com

HP 0821 39 248 707


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Gamping”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker