Cara Memandikan Burung Perkutut. | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Cara Memandikan Burung Perkutut.

Cara Memandikan Burung Perkutut.

January 6th, 2014 0 Comments

Bagi penghoby burung perkutut kawakan, mandikan burung perkutut bukan suatu hal baru, tetapi bagi mereka (Penghoby perkutut pemula) banyak yang belum mengerti seperti apa memandikan burung perkutut itu ?

Versi pemilik burung kacer Madonna.

Selamat Datang di www.belajar-usaha.com.

Ada banyak jenis burung, dan itu bisa kita kelompokan menjadi 2 yaitu, Burung Anggungan, dan Burung Ocehan.

* Termasuk Burung Anggungan adalah; Burung Perkutut, Burung Derkuku, Burung Puter dll.

* Termasuk Burung Ocehan adalah; Burung kacer, burung murai batu, burung cucak ijo dll.

Secara umum cara merawat burung itu sama, baik Itu merawat burung Anggungan, ataupun burung Ocehan yaitu Mandi, Jemur, dan memberi Makan,…cuma…Caranya aja yang beda.

Mari kita simak perbedaan itu.

Cara jemur

 + Burung anggungan   

Cara menjemurnya di gantung di ketinggian, dan burung tidak langsung menatap pada sinar matahari. Tetapi dengan menggunakan sangkar bentuk mahkota yang tujuannya .

1- Sangkar bentuk mahkota yang tujuaannya untuk mepokuskan panas sinar matahari pada burung yang lagi di jemur.

2- Agar suara burung terdengar menggema pada saat burung manggung di ketinggian.

+Burung ocehan.

Menjemurnya langsung menatap sinar matahari.  jadi, tidak menggunakan sangkar bentuk mahkota, dan tidak perlu di taruh di ketinggian.

Cara memberi Makan.

+ Burung Anggungan.

Burung anggungan adalah pemakan biji-bijian, yaitu Milet,  Godem, Juwawut,  Gabah, ketan hitam,  Beras merah dll.

Sedangkan masing-masing jenis makanan di atas, mempunyai kegunaan sendiri-sendiri, misalnya agar burung perkutut rajin bunyi dan gacor, yang di perbanyak jenis makanan Godemnya dll. (Baca di Artikel; “Pakan burung perkutut dan kasiyatnya”).

Selain itu, Untuk meningkatkan stamina bisa memberi jamu racikan pabrik yang banyak di jual  di toko-toko (jamu burung perkutut larasakti ). Bisa di berikan setiap (1minggu 1kali 4 butir ), atau (1 minggu 2 kali masing-masing 3 butir).

+Burung ocehan.

Makanan burung Ocehan, kebanyakan sudah di rubah dengan menggunakan makanan voer  sebagai makanan standart, sedangkan makanan jenis hewani di fungsikan sebagai makanan tambahan yang tujuaanya untuk meningkatkan stamina burung.

Cara Mandi

+Burung ocehan

* Cara memandikan burung Ocehan  yaitu ; burung di masukan ke karamba, untuk  burung yang sudah bisa mandi di karamba….

* Untuk burung yang belum terbiasa mandi di karamba, cukup dengan memasukkan cepuk ke dalam sangkar yang telah di isi air,….kalau dengan cara seperti ini burung tetap gak mau mandi maka bisa menggunakan cara yang ke tiga.

* Cara ke tiga cukup dengan di semprot dengan air dengan menggunakan alat hend sprayer.

+ Burung anggungan/burung perkutut.

Cara memandikan burung Perkutut, sangat berbeda dengan memandikan burung Ocehan.

Pengertiannya.

Burung Ocean sangat tidak suka di sentuh atau di pegang orang , burung ocean  sangat takut kalau di pegang orang, …maka se suka apapun dengan burung kesayangannya penghoby  tidak akan pernah berani menyentuh, ataupun memegang burungnya, sebab, dia akan takut klau burungnya menjadi stres. Karena burung ocean tidak suka di sentuh orang.

Beda dengan burung perkutut atau bunrung anggungan.

Sekali jalan, dua fungsi ganda. Yaitu memandikan, juga menjinakan, atau  burung perkutut saat di mandikan harus sering-sering di pegang-pengan, di elus-elus, di gosok-gosok, untuk meratakan air seperti memandikan anak kecil……

Caranya;

Keluarkan burung perkutut dari sangkarnya. Kemudian pegang dengan tangan kiri, jepit kedua kaki burung dengan menggunakan jari tengah, dan jari manis, Lalu di elus-elus bulu/badan  burung mulai dari kepala sampai di ujung ekor,dan bagian leher burung.(ber ulang-ulang) burung tidak akan stres.

Cara ini bisa di lakukan, setiap hari atau 2hr sekali dan cara ini berlaku untuk semua burung perkutut, baik itu perkutut muda atau perkutut dewasa, yang masih bakalan ataupun yang sudah jadi.

Guru perkutut.

Terus terang cara merawat, dan cara memandikan burung perkutut in, saya dapat dari Guru saya, yaitu Guru merawat burung perkutut. (Aliyas… saya tidak mengarang sendiri).

Sedangkan Guru saya itu,  saya akui, dan juga di akui oleh semua komunitas burung di Daerah kami, ataupun di luar Daerah  kami sebagai pakarnya semua jenis burung. Dan Beliau sangat piawi, untuk mencetak burung-burung menjadi burung jawara. Baik itu burung Ocehan,  ataupun burung Anggungan.

Beliau, selalu berhasil mengorbitkan sekian banyak burung. Baik itu burung Ocehan, Burung Perkut, dan juga Burung Derkuku.

Mulai dari tingkat Regionl sampai di tingkat Nasional. Untuk selanjutnya terserah Anda…mau di tiru monggo (silahkan)….mau di pakek ya monggo….(silahkan).

Langkah-langkah mandi burung perkutut.

Langkah Perama.

* Siapkan air leri (air bekas cucian beras) secukupnya .

* Daun sirih 5 sampai 7 lembar.

* Kacang ijo 3 sampai 4 biji, (setengah matang).

* Jamu perkutut larasakti atau yang lain, banyak di jual di toko-toko jamu, atau di kios pakan burung.

Langkah ke 2.

(-) Masukan air leri ke dalam baskom(ember kecil).  Kemudia masukan daun sirih yang telah di lumat sampai halus, kedalam baskom yang telah d isi air leri, campurkan di aduk  jadi satu sampai rata.

Langkah ke 3.

Ambil burung dari sangkar, pengan dengan tangan kiri, jepit ke dua kaki burung dengan menggunakan jari  tengah dan jari manis, dengan posisi burung tengkurap di telapak tangan, masukan burung ke dalam air dengan kedalaman se batas leher, tangan kanan meraba  ke seluruh badan buru, sambil menggosok sapai rata betul (basah kuyup).

Langkah ke 4.

(+) Buka paruh burung, dan masukan satu per satu biji (kacang ijo 3 sampai 4 biji), di lanjudkan dengan memasukan biji (jamu 3  -4biji) pada burung tersebut.

Langkah ke 5.

Masukan burung ke dalam sangkar, di gantung di angin-anginkan tidak kena sinar mata har,  kurang lebih 1jam. Setelah itu di gantang di ketinggian. Kalau gak punya tempat di ketinggian bisa di taruh di tempat yang panas.

Yang perlu di ingat …   

Mengorbitkan burung perkutut tidak cukup hanya pada perawatan, mandi, dan jemur, tetapi cara memilih burung pun juga harus benar. (baca di Artikel sebelumnya)

Kenangan Indah Bersama Guru Perkutut.

Setiap jam 7 pagi rutinitasku adalah, mengantarkan si kecil untuk sekolah, sekolah di tingkat nol besar, yang letaknya berada di tengah kota…

Setelah si kecil, masuk di dalam klas. Untuk menunggu waktu pulang jam 10 siang,  saya tidak langsung pulang ke rumah, tetapi saya langsung ke rumah Guru, yang jaraknya cuma 500 meter dari tempat sekolah, Si…kecil.

Di samping rumah guru itu,  ada ruangan dengan ukuran 7 m x 12 m tanpa sekat, yang di tata dengan sedemikian mewah, dan penuh dengan bermacam-macam burung, serta bergelantungan beberapa sangkar-sangkar mewah, yang masing-masing masih terbungkus plastik,  maklum memangnya rumah Bos burung. he..he..

Di Show room burung itulah, tempat saya nongkrong  Minum Kopi,  sambil menemani si Bos …. Guru saya, yang juga sekaligus teman saya sepengurusan, di Organisai Burung terbesar di Indonesia (PBI).

Untuk merawat burung, yang di bantu oleh beberapa orang….Sedangkan si Bos… sukanya ngelus-ngelus burung perkutut melulu…

Ringkas cerita…

Di show room Guru itu …. Ada banyak burung …dan ada sekitar 7 burung perkutut jawara, yang sering di bawa ke arena lomba.

Masing-masing 7 burung perkutut itu sebelum di jemur, selalu di ambil terlebih dulu dari sangkarny, dengan cara di pegang tangan, yang kemudian di elus-elus,  mulai dari kepala sampai ke ekor, yang di teruskan di bagian leher. Selesei itu burung di masukan lagi ke sangkar, yang kemudian di gantung di teras show room…

Anehnya… 

Selang beberapa menit duduk di kursi  sambil ngobrol minum kopi. Burung-burung itu gacor bersaut-sautan, dengan air suara dan alunan yang merdu. Dan, juga masing-masing burung  itu punya ciri suara anggungan yang berbeda-beda.  Di awali dengan suara Depan, menjerit membedah karang. Yang di teruskan dengan suara Tengah, dengan ketek spasi jelas. Dan di akiri dengan suara Belakang, dengan alunan panjang melambai. Ibarat ayunan selembar kertas jatuh ke lantai, sangat indah dan menakjubkan. Dalam hati,… Rasanya bangga sekali seandainya aku punya burung seperti itu…he…he…

Seketika itu  aku bilang …uwih hebat bos burungnya…beliau hanya menjawab….iya.. ..itu burung…teman ..minum kopi…katanya he..he…he..

Kembali ke atas…

Anda bisa mebaca kembali tentang mengelus-ngelus burung di atas .….Akan kami perjelas….!

Si Bos…Sukanya mengelus-ngelus burung.

Mengelus-ngelus burung tersebut tidak hanya sekedar ngelus-ngelus ,….Tetapi di sertai dengan Pemijatan di beberapa bagian tubuh, di antaranya punggung, pusat sayap kiri kanan, dan bagian puasat ekor (dubur), tepat di antara pusat ekor dan tubuh burung.

(Maksudnya… si Bos …. Ngelus-ngelus sambil mijat-mijat burung itu tujuannya untuk apa?… Jawabnya, ….saya sendiri juga, kurang  mengerti) he…he..he..

 

Sampai di sini semoga ada manfaatnya.

Jumpa lagi di postingan yang akan datang.

Hanya ada.

Di

www.belajar-usaha.com.

hp 0821 39 248 707.

 


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Cara Memandikan Burung Perkutut.”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker