Burung Sriti/ Walet Tidak Suka Pindah Rumah | Belajar-Usaha.com

Burung Sriti/ Walet Tidak Suka Pindah Rumah

March 26th, 2012 1 Comment

Burung sriti/wallet tidak suka berpidah rumah. Selamat Datang di www.belajar-usaha.com

 

Sekilas mata memandang burung sriti/wallet di dalam satu gedung adalah sama atau se jenis tetapi setelah mengamati secara mendalam masing-masing mempunyai sifat karakter dan kelompok yang ber beda-beda.

 

Satu gedung  yang di huni oleh ribuan burung ini terdiri dari beberapa kelompok/koloni .

Sedangkan masing-masing kelompok ini mempunyai ikatan yang sangat kuat dan tidak mau di ganggu oleh kelompok lain, walaupun satu gedung maka tidak jarang masing-masing kelompok ini mempunyai daerah kekuasaan yang biasanya di tandai dengan garis demarkasi atau benda-benda yang menonjol.

 

Gambar burung bandel gak perduli kalau sarangnya mau jatuh.

sarang-burung-sriti

 

Masing-kelompok ini pun menghasilkan bentuk sarang yang berbeda juga….. jadi bagi pemilik gedung sangat hapal melihat hasil yang di panennya misalnya ;bentuk sarang mangkok ini dari kelompok (A) Sarang bentuk opal ini hasil dari kelompok(B) Sarang yang model tebal, tipis, rafi, dan tidak rafi, dll

 

Karena mempunyai sifat berkelompok inilah maka burung akan sulit untuk berpindah tempat atau pindah ke gedung lain.walaupun ter jadi pindah itupun tidak akan di ikuti oleh semua kelompok.

 

Mengapa burung sriti/wallet tidak suka berpindah-pindah gedung

 

Burung sriti/wallet dalam memilih lokasi atau gedung yang cocok untuk kepentingan populasi nya tidah mudah.

 

Contoh ; Burung memilih tempat atau gedung itu tujuannya untuk populasi atau berkembang biak sedangkan satu kali waktu berkembak biak ini sudah memerlukan waktu yang yang panjang.

 

Di awali Dari perkawinan  membuat sarang,bertelor,mengerami,merawat si anak burung hingga bisa terbang ……dan di teruskan populasi berikutnya yaitu.. perkawinan…,buat sarang,…bertelor,…mengerami…menetas ,merawat anak dan seterusnya…. Rangakaian populasi ini membutuhkan suhu yang stabil dan tepat sesuai yang di butuhkan.

Jadi kalau Burung itu pindah sifat nya hanya sementara dan biasanya hanya ber gerombol di satu tempat dan akirnya kembali ke tempatnya sediri yaitu gedung lama yang telah di huni

 

PENGALAMAN NYATA PENULIS

  • Sarang burung sriti/wallet di curi maling hingga beberapa kali burung tidak pergi  hanya sebagian yang yang pergi dan akirnya pun kembali
  •  Gedung sriti/wallet di serang hama tikus( piti)  burung sriti/wallet pergi semua dan satu bulan berikutnya burung kembali lagi
  • Cerita lain; yaitu rumah orang tua penulis sejak zaman belanda  sepen belakang rumah sudah di tempati burung sriti/wallet dan jumlahnya tidak sedikit

 

Karena pada saat itu sarang burung tersebut TIDAK LAKU DI JUAL  sedangkan yang di tempati berdekatan dengan rumah induk (istilah zaman dulu sepen)..maka tempat tersebut sering  saya bersihkan baik sarangnya ataupun kotorannya bahkan tidak jarang setiap membersihkan ada 1 sampai 2 karung sarang burung saya buang di  tempat sampah belakang rumah.

 

Setelah sarang dan kotoran sudah bersih kami lanjudkan dengan menyeprot air dengan selang dan pengalaman ini saya lakukan sendiri.

 

Sedangkan burung menempelkan sarangnya jagan di samakan seperti gambar-gambar yang ada saat ini yaitu di sirip-sirip plapon.

 

Pada saat itu sarang di tempelkan pada dinding tembok mulai tembok atas dengan ketinggian 5 meter sampai ke bawah di atas 2 meter dari lantai di penuhi sarang burung.

 

Cerita nyata yang lebih prontal lagi

 

Karena tempat yang di tempati  burung di sepen belakang rumah sudah penuh sesak …..maka burung-burung tersebut banyak yang pindah masuk ke dalam rumah dan sempat saya usir paksa dengan segala cara saya lakukan ada burung yang bandel tidak mau di usir.

 

Jadi kesimpulannya adalah;

1-Bagi mereka yang sudah memiliki gedung yang di huni oleh burung sriti dan walet jangan kawatir burung Anda akan pindah.burung tidakakan pergi sampai kapanpun sepanjang di rawat dengan baik.

2-Bagi mereka yang akan memulai budidaya burung sriti dan walet… harus punya keyakinan bahwa sekali upaya itu berhasil ,mulai dari membuat gedung memncing burung hingga burung mau berpopulasi di gedung tersebut maka kita tinggal memetik hasilnya sampai kapanpun bahkan sampai di turunkan ke anak cucu…

 

(Untuk lebih jelasnya Baca Buku Panduan Budidaya Burung Sriti dan Walet)

Sampai di sini semoga ada manfaatnya.

Jumpa lagi di postingan yang akan datang

 Hanya ada

Di

www.belajar-usaha.com

Hp 082139248707

 

 

Kata Kunci yang Masuk

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

One Comment to “Burung Sriti/ Walet Tidak Suka Pindah Rumah”

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker