Bunga Flamboyan Di Halaman Rumah. | Belajar-Usaha.com

Belajar-Usaha.com» Uncategorized» Bunga Flamboyan Di Halaman Rumah.

Bunga Flamboyan Di Halaman Rumah.

October 26th, 2015 0 Comments

Bunga flamboyan menampakkan bunganya dalam satu tahun sekali, dan biasanya mulai muncul pada musim pancaroba. Yaitu pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, antara bulan Oktober. Artikel ini saya tulis tepat pada bulan oktober 2015, saat bunga flamboyan mulai memperlihatkan bunganya. Seperti apa proses munculnya bunga itu?

Pohon Flamboyan di halaman Rumah.

Selamat datang di www.belajar-usaha.com

Bunga flamboyan adalah bunga terindah di muka bumi. Bunga flamboyan dengan nama latinnya (Delomix Regia), mempunyai keistimewaan pada bunganya. Ada flamboyan yang berwarna merah dan ada yang berwarna orange. Saat pohon flamboyan memperlihatkan bunganya, menutup pada semua ranting-ranting pohon dengan warna merah dan warna orengenya, seakan pohon flamboyan berubah menjadi pohon bunga raksasa tanpa daun. Sebuah fenomena alam yang sangat indah dan menakjupkan.

Warna merah dan warna orange yang menutup pada semua batang dan ranting, seakan memancarkan cahaya panorama indah sepanjang hari, membuat kemarau menjadi hamparan penuh dengan cahaya bunga, seakan kita melihat panorama alam yang sangat indah yang tiada tandingannya.

Musim bunga flamboyan memberi kenangan tersendiri bagi penggemarnya, membuat jantung berdebar, rasanya segera ingin menyambut kehadirannya. Tidak jarang saat melihat kehadiran bunga cantik itu, orang akan kagum dan berupaya untuk mengabadikannya.

Cara Menanam.

Pohon bunga flamboyan bisa di tanam dengan cara di semai dari bijinya. Bunga ini bisa ditanam di mana saja. Bisa di area tempat wisata atau di tempat lainnya. Untuk menambah keindahan dan tata ruang kota, bisa di tanam di pinggir jalan atau di trotoar sepanjang jalan.

Saatnya…!  Menata ruang dengan menanam pohon flamboyan…di seluruh tempat wisata…di seluruh trotoar di kota-kota besar, sehingga Indonesia menjadi Negeri terunik di muka Bumi, penuh dengan panorama cahaya bunga flamboyan.

Pohon flamboyan di fungsikan sebagai pohon pelindung, sekaligus bisa di fungsikan sebagai taman bunga. Daunnya lebat dan batang pohon bisa mengarah ke samping dan keatas, sehingga bisa dibentuk menyerupai bentuk payung.

Pembentukan pohon ini, bisa di mulai dengan cara memotong pohon. Sekiranya ketinggian pohon sudah mencapai 5 meter, pembentukan sudah bisa di mulai, dengan cara memotong pohon pada ketinggian 2 meter, dengan hanya menyisakan beberapa batang ranting, dengan harapan, saat pohon flamboyan tumbuh menjadi besar, batang ranting yang berada di bagian paling bawah, ketinggianya tidak lebih dari 2,5 meter. Sehingga pohon flamboyan menjadi bentuk menyerupai payung. Saat di fungsikan sebagai pohon pelindung, terlihat indah dan teduh, dan saat dedaunan itu berubah menjadi bunga, terlihat sangat cantik, menawan, memikat, semua mata yang memandang, indahnya bunga flamboyan di musim kemarau.

Munculnya bunga–bunga flamboyan itu, biasanya di waktu akhir musim kemarau, antara bulan oktober, yang di awali dengan rontoknya hampir semua daun, sehingga hanya menyisakan batang ranting hidup tanpa daun, dan biji flamboyan kering, yang masih terbungkus kelopak, dengan bentuk menyerupai pedang, bergelantungan menempel di ujung ranting. Pohon flamboyan tanpa daun terelihat seperti pohon flamboyan akan mati.

Setelah beberapa waktu, satu batang ranting yang tanpa daun itu, muncul kuncup bunga warna hijau, bentuk bulat membesar sebesar kelereng, mekar menjadi bunga warna. Kalau pohon tersebut jenis bunganya warna merah, akan muncul bunga warna merah… dan jika jenisnya warna orange, akan muncul bunga warna oranye. Proses munculnya kuncup-kuncup bunga ini akan di susul oleh beberapa ranting, sehingga muncul bunga baru yang akhirnya semua ranting-ranting itu, di penuhi oleh bunga-bunga flamboyan.

Sepertinya Sang Maha Pencipta…. Telah memberi suatu gambaran tentang Roda Kehidupan, pada hamba-hambaNYA. Baik itu kehidupan Pepohonan, ataupun kehidupan Manusia. Yang terkadang berada di bawah dan terkadang di atas. Ada datang ada pergi. Ada duka ada suka.

Di saat ujian dan cobaan itu datang, musibah, kemiskinan, kesempitan, kesulitan dll. Jangan heran, di balik itu semua akan ada kemudahan dan anugrah yang begitu besar.

Di balik satu kesulitan itu, ada dua kemudahan yang begitu dekat. Dan satu kesulitan itu, tidak akan pernah mengalahkan dua kemudahan “. Kesabaran adalah kunci pembuka. dan kepadaTuhanmulah kamu berharap. (Surat Alam nasyroh).

Di saat flamboyan terlihat seperti pohon akan mati, pertanda flamboyan akan memperlihatkan keindahannya. Dan di saat bunga-bunga flamboyan mulai berjatuhan, berguguran, berserakan di pangkuan bumi, pertanda flamboyan akan memperlihatkan kesuburannya.

Ketika musibah itu membuat gerak dan langkah menjadi sempit, setelah Alloh memberikan jalan keluar, lengkaplah sudah penderitaan itu, ketika kepungan kesulitan itu mendominasi, maka terbukalah jalan, yang sebelumnya telah menduga, bahwa penderitaan itu tiada akhir.

Sekilas Roda kehidupan dan bunga flamboyan di halaman rumah. Semoga ada manfaatnya.

————-

Bunga Flamboyan

Pohon flamboyan dalam kurun waktu 1 tahun mengalami 3 kali masa perubahan.

1- Masa kering, rontok daun (-+ 3 bulan)

* Bulan 7  sampai bulan 9 (3 bulan) daun-daun flamboyan mulai berjatuhan, berguguran, hingga hanya menyisakan batang ranting tanpa daun, terlihat teperti pohon flamboyan akan mati.

2- Masa Bunga, semua ranting flamboyan di penuhi bunga (-+4 bulan).

*Bulan 10 sampai bulan 1 (4 bulan) pohon flamboyan memperlihatkan keindahannya, di tandai dengan munculnya bunga-bunga baru  hingga bunga-bunga tersebut menutup pada semua batang ranting.

3- Masa subur, semua ranting pohon di penuhi dedaunan (-+ 5 bulan).

*Bulan 2 sampai bulan 6 (5 bulan ) pohon flamboyan mempetrlihakan kesuburannya, di tandai dengan munculnya dedaunan yang menutup pada semua ranting pohon, di barengi dengan jatuhnya benih flamboyan tua, yang di susul dengan munculnya benih flamboyan muda, terbungkus kelopak menyerupai pedang warna hijau, bergelantungan di ujung ranting  menghiasi hijaunya daun flamboyan di musim subur. Lengkaplah sudah dan  Sungguh sangat sempornanya Tuhan menciptakan semua itu….

Ukuran asli pohon flamboyan pada gambar di bawah ini.

* Besar pohon dengan lingkaran 1,4 meter.

* Tinggi batang paling bawah 2,5 meter.

* Batang ranting ke samping 7 meter.

* Total ketinggian 11 meter.

 

Gambar (1) Pohon flamboyan terlihat seperti pohon akan mati.

Di ambil rentang waktu 2 minggu dari muncul bunga pertama. Muncul bunga pertama, tgl 3 oktober 2015,  gambar di ambil 17 oktober 2015.

klik, pembesar.

Gambar (2) di ambil rentang waktu 3 minggu dari gambar ke 1, atau tanggal 8 november, 2015.  Sama dengan gambar ke dua, di ambil rentang waktu 5 minggu dari munculnya bunga pertama.

klik, pembesar.

Gambar (3) Pohon flamboyan mulai memperlihatkan keindahannya.

Di ambil selang waktu 30 hari dari gambar ke 2.

klik, pembesar.

Gambar (4) Pohon flamboyan memperlihatkan keindahannya.

Di ambil selang waktu 3 minggu dari gambar ke 3.

klik, pembesar.

Gambar (5 ) Pohon flamboyan memperlihatkan kesuburannya.

(photo, tunggu pohon masih dalam proses)

———-

Benih Flamboyan.

Kalau pembaca ada yang membutuhkan BENIHNYA saya berikan secara GRATIS (ongkos kirim bayar sendiri)

Sampai di sini  ” Bunga Flamboyan Di Halaman Rumah ” Semoga ada manfaatnya

jumpa lagi di postingan yang akan datang

hanya ada di

www.belajar-usaha.com

0821 39 248 707.

 


 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   

No Comment to “Bunga Flamboyan Di Halaman Rumah.”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Arsip

Categories

eXTReMe Tracker